Sabtu, 04 Desember 2010

CARA MENGHADAPI PERDEBATAN PENGGUNA STRAWMAN

OK, sebelum mulai trit ini, saya mau menjelaskan apa Straw Man itu...

Straw Man atau dalam istilah lainnya adalah Strawman Fallacy adalah suatu fallacy (argumen yang salah) yang ditandai dengan melebih-lebihkan suatu posisi, atau mengkarikaturkan suatu posisi dalam argumen sehingga lebih sulit dipertahankan. Ini biasanya dilanjutkan dengan serangan/ argumen yang ditujukan, bukan pada posisi aktual pada suatu argumen, melainkan pada Straw Man yang dibuat.

Atau, mudahnya lagi, Straw Man adalah membuat karikatur suatu posisi lalu menyerang karikatur tersebut, bukan posisinya.

Biasanya, fallacy ini berjalan sbb :
1) Orang A mempunyai posisi X
2) Orang B melupakan/ mengomisi beberapa (atau banyak) poin penting posisi X, dan membuat agar orang A seolah-olah mempresentasikan posisi Y, yaitu suatu posisi yang, jika dilihat secara superfisial, memang mirip X. Membuat Y disebut membuat Strawman

Ada beberapa cara untuk membuat Strawman :
- Membuat representasi posisi X yang salah (misrepresentasi) termasuk omisi poin2 penting, memasukkan poin2 yang bukan termasuk poin2 posisi X dsb.
- Quote Mining, atau mengkuotasi sesuatu diluar konteks, agar seolah2 orang A benar2 mewakili Y
- Oversimplifikasi posisi X, reductio ad absurdum
- Menunjuk seseorang/ pihak lain yang mewakili posisi X secara tidak bagus sebagai orang yang benar2 mewakili semua penganut posisi X
- Menunjuk seseorang/ pihak yang mewakili Y, dan menggambarkan seolah2 pihak tsbt mewakili posisi X

3) Langkah terakhir adalah menyerang Straw man tersebut. Yang diserang bukan posisi X, tapi posisi Y yang dibuat seolah2 merupakan posisi X

Kalau ini terjadi, diskusi buyar, dan bukanya malah membahas posisi X, tapi malah membahas posisi Y. Ini sering mengakibatkan Flamewar, terutama untuk diskusi topik2 sensitif seperti Agama dan kepercayaan.

Tentu, ini harus dicegah; salah satu caranya adalah mengidentifikasi Strawman2 tsbt dan menunjukkanya sebagai Straw Man, bukan posisi yang sebenarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar